Cara membuat viewport

PENGONTROLAN LAYAR KERJA GAMBAR

Salam sejahtera untuk semua rekan-rekan yang masih setia menjadi member blog ini. Meskipun jarak yang jauh dan belum pernah bertemu namun saya yakin kita semuanya merasa dekat melalui komunikasi blog kursus autocad gratis ini, ini adalah karena izin dari Allah SWT semata. Memang, belajar autocad itu tidaklah sesulit yg kita bayangkan namun juga jangan dipermudah. Keberadaan Autocad merupakan alternative untuk membuat atau mendesign suatu object gambar teknik, belajar autocad pun bisa melalui berbagai cara mulai dari belajar melalui Ebook, kursus ataupun dari buku (membaca) namun seiring perkembangan komputer dan teknologi kini belajar AutoCAD hampir dipastikan tidak diperlukan lagi seorang mentor atau guru karena sekarang sudah diterapkannya sistem belajar cara mudah dan simple melalui video tutorial Autocad.
Baiklah untuk materi selanjutnya tentang Autocad dari dasar ini, kita akan lanjutkan dengan perintah VIEWPORTS.

3. Viewport

Viewports adalah perintah yang sangat unik dan hampir pasti sangat sering dipergunakan untuk mempermudah dalam proses penggambaran. Viewports sendiri sangat terasa berguna apabila kita sedang mengoperasikan object 3 dimensi. Agar lebih memahami tentang Viewports ini berikut ulasan sederhana dari perintahnya.

Command: vports

Akan muncul gbr sbb:

Pilih tab new viewports, kemudian pilih jenis viewports di list Standard Viewports.

Misalnya kita pilih Four: left  lalu OK, sekarang tampilan layar autocad akan berubah seperti ini :

Di setiap kotak ViewPorts kita bisa menjalankan proses editing dan pembuatan object seperti biasa. Untuk pemindahan editing dari kotak antar Vports cukup dengan mengklik kotak Vports tsb. Nah kelebihan Vports ini adalah ketika kita berada di dalam proses 3D, dimana disetiap kotak Vports object bisa di beda-bedakan dari segi tampilannya pandangannya. Misalnya: pandangan atas, samping, depan, belakang ataupun perspektive.

9 Balasan ke Cara membuat viewport

  1. fatkur mengatakan:

    blog bagus ……bravo

  2. Suzie Tobing mengatakan:

    tq ya pengen coba juga belajr lagi

  3. ismal mengatakan:

    makasih banyak mas dah share ilmu yang bermampaat semoga kedepannya blog ini bisa di slalu terupdate mengikuti perkembangan jaman,bravo..

    ismal jambi

  4. yudistira mengatakan:

    tolong bantu saya dalam menguasai bidang auto cad,karna saya orang awam yang kurang mengerti tentang auto cad dan saya sangat tertarik dalam bidang ini

  5. heru prasetyo budi mengatakan:

    1. gimana cara menambahkan simbol . Misal.y: diameter.derajat.
    2. Kemudian menggubah gambar 2d menjdi 3d . .mohon dijelaskan cara.y

  6. Jackie Ibnoe Rusyd mengatakan:

    keren bang…brapa lama kalo kita mahir autocad ya..?? ada buku panduan yg berdar ga di toko buku..!! makasih ya bang share infonya

  7. nasirin mengatakan:

    benar2 mantap,
    mank yg dkatakannya benar,aku lulusan smk..yg buta tentang komputer.tp dgn keuletan tdny yg cuma nanya2 temen sarjana teknik…akhrny aku bisa jg.walau lum mahir bgd

  8. Rido Permata mengatakan:

    Mas Dadang..saya punya gambar rumah di MODELm terus saya buat LAYOUT beserta VIEWPORT masing2 bagian, misal LAYOUT PINTU, LAYOUT JENDELA dsb. Nah saya mau tanya nih, gimana ya caranya kalau saya mau EDITING gambar di masing2 LAYOUT tetapi tidak merubah gambar aslinya di MODEL? Saya dulu pernah lihat drafter di Singapore bekerja seperti ini, tapi saya tidak sempat tanyakan. Sapatau Mas Dadang bisa membantu saya..Terima kasih sebelum dan sesudahnya.

Tinggalkan Balasan

