Pengenalan tahap awal Autocad

PENGENALAN TAHAP AWAL

BAGIAN LAYAR KERJA
Saya tidak akan membahas panjang lebar tentang judul di atas secara terperinci karena saya yakin anda telah mengetahui bagian-bagian tsb layaknya pada program windows lainnya seperti menu bar, tittle bar dsb.

SETUP AWAL
Beberapa versi AutoCAD ketika pertama kali distart / awal terbuka terkadang memiliki option pilihan template atau option browse file. Agar option ini tidak selalu muncul :
Pada Menu bar –> Tools –> Options –> System
Pada layanan startupnya pilih “do not show a startup dialog”

CARA MEMASUKKAN PERINTAH

Banyak cara untuk memasukkan perintah pada AutoCAD, mulai dari menu bar atau ketik langsung. Misal kita akan memberikan perintah “line” atau garis.

Pada menu bar –> Draw –> Line

Apabila secara langsung, anda bisa langsung mengetik LINE  di command window dari keyboard anda. Untuk AutoCAD versi 2007 keatas biasanya text muncul bukan di command windows lagi tapi di layar kerja disamping cursor mouse. Setelah anda mengetikkan perintah misal: LINE lalu tekan tombol Enter.

Line ┘(Enter)

Maka kursor akan berubah dan siap mengeksekusi perintah (seperti pd gambar).

MEMBATALKAN EKSEKUSI PERINTAH

Pembatalan perintah dapat dilakukan dengan menekan tombol Esc. Misalnya, jika anda telah mengetikan perintah LINE ┘(kursor telah berubah) maka anda tinggal menekan tombol Esc. Dan seterusnya anda bisa mengetikan perintah yang lainnya.

Line ┘(Enter)

Esc


PENYIMPANAN FILE

Seperti halnya program-program yang lainnya, AutoCAD juga mempergunakan perintah save atau saveas untuk menyimpan file. Untuk AutoCAD file yang telah di simpan memiliki extensi dwg (drawing).

Pada menu bar –> File –> Save

Atau bila diketik:

save  ┘ atau

saveas  ┘ untuk membuat nama file yang lain.

Perlu diingat dalam mengetikkan perintah jangan menggunakan spasi seperti save as jangan di pisahkan tapi harus saveas , karena dalam AutoCAD tombol spasi berfungsi sama halnya seperti tombol Enter (┘).

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: